Belly Boom

Salah satu pilihan tepat untuk makan dan juga nongkrong di Cimahi. Makanan yang simple dan tegas akan mengenyangkan perut kita.

Belly Boom

Cimahi, 1 Mei 2017

Kali ini saya main ke daerah Cimahi. Kota kecil yang bertetangga dengan Bandung. Saya mampir ke Belly Boom, tempat makan yang baru buka beberapa bulan. Tempat yang mudah ditemui karena berada di pinggir jalan utama.

1493636269036
Nasi Goreng Tongkol dan Kemangi

Hidangan pertama adalah nasi goreng dengan campuran ikan tongkol dan daun kemangi (basil). Aroma daun kemangi langsung tercium saat hidangan sampai di atas meja.

Karakter nasi yang dipakai cocok untuk dibuat nasi goreng. Butir nasi tidak terlalu besar, lumayan berisi, dan cukup kering. Elemen dari nasi goreng yang sering tidak diperhatikan. Nasi goreng yang dibumbui secukupnya, dan tanpa menggunakan kecap manis. Ini menjaga agar rasa gurih dan asin dari ikan tongkol tetap dominan.

Sebelum dimakan pun, hidangan ini sudah bisa menunjukkan kebolehannya. Wangi masakan sudah bisa menambah selera makan saya. Rasa terpusat di pasangan tongkol dan kemangi. Ikan dan dedauan, dua rasa yang jauh jaraknya tetapi dapat jadi perpaduan yang sangat baik. Karakter nasi goreng yang cenderung kering menambah keserasian hidangan.

Belly Boom 1
Hampir tersedak daun kemangi..

Satu kekurangannya adalah potongan daun kemangi yang kurang pendek dan rapi. Bisa membuat orang tersedak.

1493636271532
Dori Bowl Sambal Matah

Sambal matah yang sedang jadi trend di kuliner Bandung membuat saya ingin mencoba Dori Bowl Sambal Matah dari Belly Boom.

Sebuah kekecewaan saat saya mencoba hidangan ini. Tidak sehebat hidangan nasi goreng tongkol kemangi tadi.

Saya sisihkan sambalnya untuk mencoba ikan dorinya saja. Ikan dori terasa hambar. Hampir seperti tidak dibumbui. Terasa sedikit kurang matang. Daging ikan masih sulit hancur.

Sambal matahnya lumayan enak. Campuran bawang merah dan cabai sebagai dasar, dan juga ada potongan batang sereh (lemongrass). Wangi dari sereh jadi tambahan warna baru dalam sambal matah ini.

Nasi goreng tongkol dan kemangi yang wajib dicoba

Hidangan sederhana favorit Indonesia, ditambah sedikit inovasi menarik yang juga mengangkat rasa Indonesia. Perpaduan tongkol dan kemangi, dan juga karakter nasi gorengnya sangat mantap.

Dori sambal matahnya tidak bersemangat. Selain dari ikan dori yang hambar dan kurang matang, ini juga mungkin karena bawang merah yang dipakai. Bawang merah yang dipakai kurang wangi dan juga terlalu matang menurut saya. Kurang “kress”. Sensasi “kress” saat kita mengunyah bawang itu adalah kenikmatan makan sambal matah.  Dan dari situ juga kita dapatkan sensasi segar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s