Angkringan Dago

Nasi kucing komplit ala Angkringan Dago. Makanan kaki lima yang dibungkus dengan rapi dan kualitas yang baik.

Angkringan Dago

Bandung, 4 Mei 2017

Cukup banyak angkringan kaki lima di Bandung. Mereka yang mulai buka di malam hari ini biasa dipenuhi oleh mahasiswa. Menu makanan yang pasti ada adalah nasi kucing, yaitu nasi porsi kecil disertai pilihan sedikit lauk. Biasanya tersedia lauk seperti tempe kecap, teri, dan ikan tongkol. Kita juga akan dimanjakan dengan pilihan tambahan lauk seperti sate telur puyuh, sate kulit, sate usus, dan gorengan.

Tidak semua orang suka makan di tempat kaki lima. Mungkin juga ada yang ingin makan nasi kucing di siang hari. Angkringan Dago hadir untuk memenuhi itu semua.

20170504_145202
Nasi kucing komplit ala Angkringan Dago

We eat with our eyes first. Tampilan dari makanan mempengaruhi persepsi kita terhadap makanan tersebut. Angkringan Dago mengerti akan hal ini. Hidangan nasi kucing komplit disajikan dengan tampilan sedemikian rapi dan enak dipandang.

Nasi putih disajikan dengan balutan daun pisang dan sambel korek tempe di atasnya. Ada sesuatu yang keras saat saya tancapkan sendok. Ternyata ada kejutan kecil berupa beberapa potong ikan asin di antara nasi dan sambel. Ikan asin kapasan, tepatnya. Sambel korek sangat pedas menendang dengan cengek merah (cengek domba) dan juga tercium aroma bawang putih.

Lauk pelengkap yang pertama saya coba adalah sate kulit. Sate kulitnya cukup empuk dan lembut, dan bagusnya lagi, tidak sepenuhnya menghilangkan sensasi kenyal dari kulitnya. Makan kulit seperti ini tidak akan terasa sensasinya apabila si kulit terlalu empuk. Berbeda dengan angkringan yang biasa kita temui di kaki lima, Angkringan Dago memilih untuk menggoreng sate kulitnya daripada membakarnya di atas arang. Mereka menambahkan tekstur sedikit garing di luar, dan juga mengeluarkan rasa gurih tambahan dari bagian luar kulit yang tergoreng.

Hampir sama dengan sate kulit, sate usus ini pun terasa empuk dan sedikit garing di luar.

Pasangan tempe dan tahu bacem, dan juga sate bacem telur puyuh memiliki rasa manis dan gurih yang pas. Rasa kecap terasa meresap sampai ke dalam. Mereka memasak tempe bacem dengan baik. Tekstur renyah kacang kedelai di dalam tempe masih jelas terasa, tidak terlalu lembut atau sampai hancur. Perpaduan lembutnya tekstur keseluruhan dari tempe bacem dan tekstur renyah yang masih terasa dari potongan kacang kedelai di dalamnya sangat pas. Mereka memberi sensasi menyenangkan di saat kita mengunyah.

Nasi kucing komplit yang baik secara keseluruhan

Lebih jauh lagi, rasa manis dari pasangan ini melengkapi keseluruhan hidangan nasi kucing ini. Rasa pedas, asin, gurih dari paket komplit nasi kucing ini diseimbangkan dengan manis kecap pasangan bacem.

Kualitas dan rasa yang tidak bisa dibandingkan dengan nasi kucing di angkringan kaki lima.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s